WELCOME

Maju terus Indonesia, Aceh khususnya.,,.,

Kamis, 23 April 2015

debat

debad merupakan hal yang sudah lumrah dalam bermasyarakat. seseorang yang sering berkumpul dengan teman-temannya sudah pasti tidak asing dalam melakukan perdebatan ini dan biasanya pemenang perdebatan akan sangat berpengaruh terhadap teman-temannya. berikut saya akan memberikan tips agar kita dapat memenangkan debat baik secara formal maupun nonformal
beberapa tips tersebut adalah:
1. berbicara dengan santai dan terarah
    ketika melakukan perdebatan yang harus anda ingat adalah harus selalu berbicara dengan santai agar anda dapat terus berfikir dengan baik dan jernih, selain daripada itu apabila anda berbicara dengan santai maka apa yang ingin anda katakan akan sejalan dengan pemikiran anda, sebagai contoh otak anda mengatakan A mulut anda juga akan mengatakan A (apa yang ingin anda sampaikan akan tetap sejalan dengan pemikiran anda).
2. cari dukungan
    carilah dukungan untuk memperkuat argumen anda, sebagai contoh anda cukup mengatakan "bukan begitu pak (nama seseorang yang ingin anda pengaruhi untuk memperkuat argumen anda)??"
3. biarkan lawan berbicara
     Tips selanjutnya adalah biarkan teman anda berbicara terlebih dahulu, anda cukup menyimak apa yang lawan anda sampaikan, dengan catatan anda tidak terbawa dan terhipnotis dari apa yang lawan anda sampaikan. apabila ada argumen lawan anda yang melenceng, anda simpan terlebih dahulu argumen anda. biarkan ia habis berbicara terlebih dahulu. selanjutnya ia akan kehabisan argumen, ketika ia kehabisan argumen saatnya anda mengatakan "apa sudah habis argumen anda?, berarti sekarang giliran sayakan?" dan inilah saat anda untuk membantainya, argumen yang anda simpan tadi saatnya dikeluarkan, ketika ia memotong pembicaraan anda anda katakan "ini giliran saya yang berbicara, tadi anda sudah menyampaikan argumen anda" satu poin anda dapatkan dari sini. selanjutnya buat ia menerima dan terhipnotis dengan argumen anda.
4. kembali ke pokok pembahasan
    ketika lawan sudah melenceng dari topik, saatnya anda mengatakan "tadi kita bahas masalah ini lho, kok larinya kesitu?" mau tidak mau lawan anda akan kembali ke topik dan memaksa ia berfikir lebih keras untuk memberikan argumen. sebaliknya, ketika anda kehabisan argumen, anda dapat beralih ke topik yang lain, buat ia mengikuti topik anda. sebagai catatan topik yang anda masukkan kedalam perdebatan harus benar-benar anda kuasai.
5. berikan pertanyaan
    berilah pertanyaan yang mengharuskan ia setuju dengan argumen kita, dan jangan beri kesempatan ia untuk membahas panjang lebar jawabannya tersebut, ia cukup menjawab "iya" atau "tidak".
6. jangan menggunakan kata-kata keraguan
    kata-kata yang menunjukan keraguan contohnya adalah, "kayaknya", "mungkin", "sepertinya". hal ini merupakan suatu titik kelemahan kita yang bisa menjadi celah kepada lawan untuk menyerang kita.
7. jatuhkan lawan
    jatuhkan lawan dengan menggunakan pertanyaan yang guna untuk mematikan lawan, sebagai contoh,

  1. sudah ada faktanya belum?
  2. contohnya gimana?
  3. bagaimanasih prosesnya?
  4. anda mengatakan seperti itu, dasarnya apa?
  5. dsb.
sekian tips dari saya, yang harus di ingat adalah jangan berdebad apabila kita tidak memiliki ilmu dan pembahasan yang ingin diperdebatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar